PETUNJUK DALAM TOURING

03 Agustus, 2007

Safety Riding Officer (SRO)

Definisi : Petugas yang diserahkan tanggung jawab untuk melakukan pengawalan pada saat kegiatan Jalan Berkelompok (Touring ).Adapun petugas yang tergabung dalam SRO beserta tugas2nya adalah sebagai berikut :

  1. Blocker : Petugas yang melakukan Pengamanan atau membuka jalan sebelum rombongan melewati jalan tertentu. Perkembangan sampai saat ini, Bloker lebih defensif atau dengan kata lain lebih melakukan pengawalan ke dalam rombongan dan menghindari Bloking terhadap pengendara lain jika tidak membahayakan keselamatan rombongan.
  2. Road Captain : Petugas yang mengontrol rombongan selama dalam perjalanan, mengenai kecepatan, accelerasi, arah, tujuan, formasi barisan dll. Seorang Road Captain harus mempunyai Instict "Supir Truck Gandeng", dia harus mengetahui betul kondisi masing-masing anggota rombongan, berapa kecepatan maksimum yang bisa dia jalankan, kapan dia bisa masuk untuk mendahului kendaraan lain, kapan dia harus manuver, dll. Hal ini penting karena keselamatan rombongan sepenuhnya tergantung pada Riding style dari Road Captain.
  3. Storing : Petugas yang mengerti tentang seluk beluk kendaraan yang ikut dalam rombongan, petugas ini akan bertugas jika ada kendaraan dari anggota rombongan yang mengalami kerusakan. Petugas Storing ini biasanya mempunyai Boncenger, hal ini diperlukan manakala ada anggota rombongan yang cedera dan tidak bisa melanjutkan untuk mengendarai kendaraannya, maka Boncenger si petugas storing yang akan menggantikannya.
  4. Medic : Petugas yang mengerti teknik pengobatan Pertama pada Kecelakaan (P3K), petugas ini akan bertugas jika terjadi kecelakaan dalam perjalanan yang mengakibatkan anggota mengalami cedera. Petugas ini biasanya membawa peralatan standar P3K dengan beberapa tambahan peralatan medic yang lain.
  5. Sweeper : Petugas yang melakukan pengawasan dari belakang terhadap rombongan, Petugas ini berfungsi hampir sama dengan Blocker namun ia berada pada urutan paling belakang di Rombongan. Petugas ini akan mengontrol/mengawasi kondisi tiap anggota selama perjalanan, dan akan melaporkannya ke Road Captain jika ada anggota yang mememerlukan perlakukan khusus. nah mungkin yang menjadi petugas untuk touring harus mengerti tugas-tugasnya diatas , jadi untuk kedepannya kita akan terapin di Sulawesi Thunder Club.

Tidak ada komentar: