04 Mei, 2008

Mesin Terlalu Panas

Mesin yang terlalu panas tidak baik untuk bagian-bagian mesin itu sendiri. Panas yang terlalu tinggi akan membakar atau mengurai minyak pelumas sehingga kehilangan fungsinya untuk melumasi bagian-bagian mesin. Ada beberapa penyebab dan cara memeriksa saat mesin motor anda terlalu panas.

Cairan pendingin terlalu sedikit, biasanya isi dengan air dan periksa secara visual jika ada kebocoran. Tali kipas kendor, sebaiknya anda periksa dan ganti jika sudah aus.

Pompa rusak sehingga aliran cairan pendingin kecil. Sebaiknya anda periksa apakah tali kipas terpasang terlalu kencang, periksa bantalan kipas, periksa suara pompa dan gerakan kasar pada poros kipas. Jika diputar dengan tangan, kendorkan tali kipas dan ganti pompa bila rusak.

Tutup radiator rusak. Coba anda periksa dan ganti tutup radiator jika telah rusak.

Radiator tidak beroperasi dengan baik karena bagian luar kotor. Coba anda bersihkan radiator dari kotoran.

Termostat macet tidak mau terbuka. Ada baiknya anda periksa operasi buka-tutup termostat dengan cara termostat dicelup dalam air dengan temperatur 25 derajat celcius. Lalu air dipanaskan hingga termostat terbuka.

Setelah itu air didinginkan, pada saat air sudah menghangat dan termostat tidak menutup berarti termostat sudah rusak. Jika memang rusak, gantilah termostat tersebut.by oto.co.id reply by smiles

1 komentar:

Visual mengatakan...

Thunder pake bukannya pake pendingin udara bukan pendingin air kan ?? jadi posting kali ini kurang pass buat thunder mania...

soory bro.. kalo asal ngomong.. :)