Tips mencuci Helm

09 Agustus, 2007

Belakangan kan lagi rame bisnis buka cucian helm nih. Gw sharing sedikit tentang mencuci helm, berhubung tempat cuci helm juga belum banyak. Hal ini gw lakuin karena cewe gw yang selalu merengek kalo helmnya bau!!! Helm gw ada 3, INK full face red tipe, INK half face black tipe, KYT half face black tipe. Alesan gw punya helm tiga adalah untuk subtitusi kalo helm yang satu dicuci, yang laennya masih ada. Jadi gw ama cewe gw berdua masih bisa pake helm terus. Alat-alat :
  1. Gosok gigi bekas yang tipenya lembut
  2. sabun colek/deterjen.
  3. Shampo
  4. sikat untuk nyuci baju yang tipenya lembut.
Adapun Langkah2nya :
  1. basahi helm dengan air. pake kran dengan air mengalir atau seember air(aer bersih ya/baru). pas udah basah, baru memulai langkah pencucian dengan menggunakan deterjen. bagian pinggir dan dalam helm gunakan sikat gigi.(yang gak pernah cuci helm jangan kaget busa sabunnya warna item!!!!). jangan lupa dibagian pengikatnya. kotor banget disitu. apalagi yang helnya suka salome. satu lobang rame2!! wah keringet semua tuh campur aduk!!! Sesudah bahan yang melapisi gabus helm selesai disikat, gerus pake tangan supaya busa dan kotorannya keluar. Sesekali diiringi dengan bilasan air.
  2. Membilas helm sampe busa deterjen hilang. Langkah ini memakan waktu, karena busa helm menahan deterjen didalam. Langkah ini dilakukan berulang-ulang, sampe busanya hilang sama sekali. Indikatornya adalah dengan melihat genangan air yang ada pada helm(meletakkan helm dengan bagian dalam helm menghadap keatas). Kalai genangan aer pada helm masih terdapat buih, maka lakukan bilasan kembali sampe hilang. karena busa deterjen akan sangat gatal dikepala kalau tidak bersih membilasnya. Lakukan dengan air yang mengalir, seperti dari kran!!!
  3. Menghilangkan bau deterjen dengan shampo. Meskipun deterjen sudah hilang, tapi baunya masih ada. Agar baunya familiar dengan kepala kita, gunakanlah shampo kesukaan anda. Lakukan pada semua bagian dalan helm, gerus kembali menggunakan bagian dalam helm. Dan lakukan kembali kangkah pembilasan sampai buih sabunnya hilang. Hal ini juga mengantisipasi kalau ada kalau ada kotoran yang belum hilang. ketika buihnya hilang, tetapi wangi shampoonya masih terasa.
  4. Keringkan helm. Ane masih pake cara manual, yang mana menggunakan sinar matahari. Setau ane helmnya kering dalam dua hari. jadi kalo nyucinya sabtu pagi mungkin akan kering minggu sore(kalo ikut HTML kagak boleh boncengan/malem mingguan, karena gak ada helm/pinjem ama temen/tetangga/ melanggar peraturan/ga usah cuci helm, biar aja kotor/pergi pake mobil), kalo nyucinya hari minggu pagi, kering senin sore, jadi kalo punya helm dua dengan kondisi anak HTML dan motor sbg alat transportasi utama, yang bonceng ente itu kagak pake helm hari senin. kecuali ente punya helm 3 jadi bisa subtitusi, atau melanggar peraturan. Dua hari Itu udah kering banged!!! kalo cuma sehari dijemur, masih lembab. Jemurnya kaya naro helm dietalase, jangan dibalik kaya ditaro di jemuran baju. karena aernya gak akan turun(tertahan oleh helm), dan lem gabus pada helm akan cepat ngelotok!!!
  5. Setelah kering, biasanya pernis di helm akan berkurang karena pengaruh penggunaan sabun. Hal itu bisa diansipasi dengan menggunakan pengkilap seperti KIT dan sebagainya.
Setelah itu helm seperti baru lagi dengan bau shampoo. Ane udah nyoba cara ini selama empat bulan lebih. gw cuci helm 2 minggu sekali(dua minggu dipakai, seminggu dijemur), lihat ilustrasi dibawah. Waktu ini cukup untuk pemakaian helm menjadi kotor, dan sudah saatnya mencuci. kalo lebih dari 2 minggu kayanya tuh heln bakalan gatel di kulit. dalam tempo 2 minggu tuh helm udah cukup kotor, apalagi dengan debu dijakarta. padahal secara kasat mata mah kagak. tadinya takut semua lem di helm bakal copot, n busanya ngempos. gak taunya kagak apa-apa. bahkan temen di SG HTML jak-Tim selalu bilang gw pake helm baru terus!!! Busanya juga tambah enak!!! abis kena panas, busanya mengembang, persih kaya baru lagi!!! Dari sharing ini jangan disamaratakan dengan tipe helm lain. Coba ditinjau Objeknya apa, caranya bagaimana, hasilnya bagaimana. Helm diluar stempel DOT gw kagak tau ya...yang DOT kayanya bakalan seperti direfresh lagi setelah dicuci. MANTABBBB!!! ! cocok buat yang pake box, yang helm cadangannya/ dua2nya dimasukkin kedalem box, jadi kagak kena hujan saat diparkir/saat dijalan/diluar ruangan. yang kagak pake box mungkin perlu usaha lebih lagi untuk ngebersihin helmnya. Mudah2an berguna untuk kebaikan umat. Budayakan hidup bersih. ilustrasi :
  • Minggu 1 : Full INK(gw) + Half INK(cewe gw), half KYT dijemur
  • Minggu 2 : Half INK(gw) + Half KYT(cewe gw), Full INKnya dicuci
  • Minggu 3, gak mungkin cewe gw mau pake helm full Half KYT(cewe gw)+ Full INK(gw), Half INK dicuci
  • Minggu 4 :Full INK(gw)+Half INK(cewe gw), Half KYT dicuci
Sumber : http://pulsarian.org/pulsarian/index.php?option=com_content&task=view&id=63&Itemid=1 Posting by STC 003

1 komentar:

anakserui mengatakan...

terima kasih tips nya. nanti saya coba.